28 Juni 2013

Tahu Tek

Lagi kangen sama kuliner khas Surabaya. " Surabaya...oh Surabaya...kota pahlawan yang senantiasa dirindukan ". Beragam kuliner enak mudah sekali ditemukan disana. Mulai dari deretan bebek goreng, rujak cingur, aneka macam bakso, lontong balap, lontong kikil, ikan bakar, tahu tek, lontong kupang de el el, jempolan semua rasanya.

Salah satu kuliner yang paling digemari di kota ini adalah bebek goreng. Hampir disetiap sudut kota bisa ditemui tempat yang menjual menu ini. Apalagi dengan sambal pedasnya yang mengigit lidah, bisa dipastikan akan selalu ramai pengunjung. Biasanya tempat-tempat yang menjual makanan ini baru buka ketika sore hari  menjelang malam hari. Menu yang ditawarkan tidak hanya bebek goreng saja, ada juga pilihan lainnya seperti ayam, lele atau burung dara goreng. Namun kebanyakan penjual paling tidak menawarkan dua jenis menu, yaitu bebek goreng dan ayam goreng. Mungkin saja karena sebagian besar orang lebih menyukai dan familiar dengan dua jenis unggas ini.

Kuliner selanjutnya adalah lontong balap, tahu tek dan lontong kupang. Pun merupakan kuliner khas surabaya yang menjamur dimana-mana. Mulai dari pedagang kaki lima, tukang gerobak keliling sampai warung di tepian jalan raya. Kalau saya sendiri, salah satu referensinya di jalan rajawali dekat JMP-jembatan merah plaza. Lontong balap rajawali yang sudah sangat terkenal nikmat rasanya. Racikan bumbu kuahnya yang pas dipadukan dengan sambal petisnya yang enak plus sate kerangnya bikin ketagihan. Sebisa mungkin tidak datang ke tempat ini waktu jam makan siang, selain lebih padat pengunjung, pelayanannya juga terkesan lambat. Bisa jadi karena hanya satu orang saja yang meracik makanan ini. Selain lontong balap, tahu tek juga merupakan sajian kuliner andalan kota ini. Yang terkenal akan kenikmatan rasanya adalah tahu tek pak Ali yang ada di jalan dinoyo dekat suzanna bakery ( dulu sering ke sini waktu masih di surabaya, maklum belum bisa bikin roti). Walaupun tempatnya kecil, tapi rasanya maknyus kata pak bondan pakar kuliner..hehe.


tahu tek surabaya


Jadi terbayang-bayang " ikan bakar lewat, lontong balap lewat, tahu tek lewat, tuing-tuing.. ". Daripada ngiler terus, untuk sedikit mengobati kerinduanku itu, aku membuat sajian tahu tek ini. Sebenernya ragu dengan hasil akhirnya yah, apa benar rasanya dan tampilannya seperti ini. Lupa-lupa ingat dengan rasa si tahu tek ini. Maklumlah sudah lama sekali ga makan kuliner ini. Resepnya juga lupa ambil dari mana, yang jelas sudah googling sana sini cari2 sumbernya, ga ada yang sama tuh resepnya. Permisi ya pake resepnya, kalau ada yang merasa si empunya resep berikut ini...

Resep Tahu Tek Surabaya
Bahan :
- Lontong 1 buah ( aku skip )
- Tahu goreng 1 buah
- Ketimun uk. sedang 1 buah, kupas dan potong dadu
- Telur 2 butir, dadar
- Seledri 2 batang
- Taoge 100 gram, tumis sebentar

Bumbu :
- Kacang tanah 1 1/2 sdt, goreng
- Cabe rawit 2 buah
- Bawang putih 3 siung, goreng
- Petis 2 sdt
- Gula merah 2 sdt
- Garam secukupnya
- Kecap 2 sdm
- Air matang secukupnya

Cara membuat :
1. Haluskan kacang tanah, bawang putih dan cabe rawit dengan cobek. Setelah halus, tambahkan sedikit air, haluskan kembali.
2. Masukkan petis, garam dan gula merah, haluskan dan aduk rata.
3. Kemudian tambahkan kecap, aduk hingga rata. Tambahkan air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Tes cicip.
4. Tata di piring saji, tahu goreng dan telur dadar yang dipotong kasar, lontong, ketimun, taoge dan seledri yang dicincang. kasar. Siram atasnya dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi, taburi dengan bawang goreng. Siap disajikan dengan kerupuk




Untuk bumbunya aku bikin dua kali resep biar banyak. Kalau petisnya, aku pakai separuh petis sedang dan separuh petis enak. Cukup enaklah rasanya, kalau ada yang punya resep lain, boleh kok disharing...monggo.

2 komentar:

  1. kalau bikin banyak buat acara kan gk mungkin d ulek,bisa gk d masak bumbu kacangnya seperti bumbu kacang siomay,jdi tinggal siram...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas dafi gerrard...slm kenal..tx 4 comment...
      bisa banget, tapi bumbunya ga perlu dimasak lagi seperti bumbu siomay, batagor, etc, ntar rasany beda. cukup dihaluskan saja pake chopper ato food processor, ok..

      Hapus

You Might Also Like

You Might Also Like