03 Juni 2013

Lele Bakar

Ini postingan pertamaku, padahal udah lama bikin blognya. Memang perlu energi besar untuk mengerjakan sesuatu yang pertama kali dilakukan terutama ngalahin rasa males. Semoga dari langkah pertama ini akan menjadi batu pijakan yang mudah untuk postingan2 berikutnya. Huh...

Okelah... masuk ke topik utama ya. Aku bikin menu ini beberapa minggu lalu. Resepnya sederhana, tapi rasanya ga mengecewakan. Yang jelas pedas banget. Kalo dirumah masakan apa saja kalo pedas pasti ludes disantap he he..





Resep Lele Bakar By Orenz Kitchen
Bahan :
- Lele 500 gr
- Minyak goreng secukupnya
- Jeruk nipis 2 buah

Bumbu Rendaman Lele (Marinate) :
- Kunyit 3 ruas jari
- Ketumbar 1 sdt
- Garam secukupnya
- Bawang putih 4 siung
- Air secukupnya

Bumbu Halus Lele Bakar :
- Bawang merah 10 butir
- Cabe keriting 20 buah
- Cabe rawit 10 buah
- Kemiri 4 butir
- Garam sesuai selera
- Gula pasir sesuai selera
- Gula merah 
- Kaldu bubuk 1/4 sdt
- Daun jeruk 2 lembar

Cara Membuat
1. Bersihkan lele dari kotoran2nya dan cuci bersih. Bisa dibiarkan utuh atau dipotong jadi dua per-ekornya. Lalu balut lele yang sudah dibersihkan tadi dengan air jeruk nipis. Biarkan beberapa saat sampai telihat  lapisan putih diseluruh badan ikan (ini tandanya lendir sudah mudah terlepas saat dicuci). Kemudian cuci   lagi lele hingga bersih lendirnya.
2. Haluskan bumbu rendaman lele. Tambahkan sedikit air. Masukkan lele ke dalam bumbu rendaman ini. Lalu simpan di chiller kurang lebih 1 jam agar bumbu marinate meresap sempurna.
3. Setelah 1 jam, keluarkan lele dari chiller. Panaskan minyak, lalu goreng hingga matang (klo aq suka tekstur yang garing tapi basah didalam).
4. Setelah itu, haluskan bumbu lele bakar kecuali daun jeruk. Tumis dengan sedikit minyak bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk yang disobek-sobek. Setelah bumbu harum dan berubah warna, masukkan sedikit air. Aduk rata, biarkan mendidih, cicipi. Kalo dirasa pas, masukkan lele goreng, aduk rata. Angkat dari pengapian.
5. Bakar lele dengan diolesi bumbu2nya tadi (aq bakar diteflon yang dialasi daun, tapi lebih enak kalo dibakar pake arang). Siap disajikan dengan nasi panas dan lalapan plus sambal urap...Hmmm...

Silakan dicoba ya teman-teman. Saranku bakarnya diatas arang aja ya, aromanya khas dan lebih harum. Sayangnya aq bakar pake teflon, soalnya alat bakarku udah karatan jadi aq buang, belum beli yang baru..hiks..hiks






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Might Also Like

You Might Also Like