03 Juni 2013

Sambal Urap

Seringnya blogging ke para food blogger, bikin ngiler lihat foto2nya yang ciamik habis. Tercetuslah sebuah mimpi pengen punya blog sendiri. Akhirnya kesampaian juga...^-^ . Wes bondo nekat pokok'e, meski dengan properti yang masih sedikit dan amunisi hanya kamera pocket tok..hi hi hi.(mhn bimbingannya yach para suhu food blogger).




Postingan kali ini adalah sambal urap. Teman makan lele bakar yang udah aq posting tadi. Biasanya sambal urap itu warnanya oranye agak kemerahan, kalo resep yang ini aq banyakin cabe keritingnya biar dapet warna merah ngejreng nan menggugah selera. Cocok banget  buat penyuka masakan pedas khas orang jawa timuran. So, let's check it out....jreng-jreng






Resep Sambal Urap By Orenz Kitchen
Bahan :
- Kelapa setengah tua 1/4 butir, parut memanjang dan kukus selama 15 menit
- Kacang panjang 6 lonjor, potong 1 cm
- Kecambah pendek 5 gr
- Ketimun uk. sedang 1 buah, kupas dan buang bijinya lalu potong dadu
- Daun kenikir 1 ikat, siangi
- Daun kemangi 1 ikat, siangi
- Pecahan tembikar

Bumbu Halus :
- Cabe keriting 7 buah
- Cabe rawit 5 buah
- Bawang merah 3 butir
- Bawang putih 4 siung
- Ketumbar 1/4 sdt, sangrai
- Terasi 1/4 sdt, dibakar
- Kencur 1/2 ruas jari, dibakar
- Garam
- Gula pasir

Cara Membuat :
1. Blancing kacang panjang, daun kenikir dan kecambah pendek, lalu tiriskan.
2. Haluskan bumbu halus. Masukkan parutan kelapa yang sudah dikukus, aduk sampai rata (kalo mau lebih awet lagi sambal urapnya, kukus parutan kelapa setelah dicampur dengan bumbu halus). Cicipi rasanya.
3. Panaskan pecahan tembikar " org jawa menyebutnya kreweng  " diatas kompor sampai membara.
4. Setelah kreweng membara, angkat dan matikan api. Lalu letakkan ditengah-tengah campuran kelapa parut tadi, ratakan hingga kreweng tertutup rapat oleh parutan kelapa tadi. Biarkan beberapa saat.
5. Pisahkan kreweng dari campuran kelapa parut, kemudian satukan dengan kacang panjang, daun kenikir, ketimun, daun kemangi dan kecambah pendek. Siap disajikan.

Sambal urap bercita rasa pedas ini bisa juga disajikan dengan opor ayam. Dulu waktu mbah aku masih sehat, saat lebaran pasti bikin ini (ga pake sayurannya, cuma sambal kelapanya aja) dimakan sama opor ayam plus lontong, uenak pokok'e. Oh ya, kalo suka dengan aroma kencur, takaran resep diatas boleh ditambahin ya. Aq pribadi ga begitu suka, jadi sedikit aja pakenya.. Selamat mencoba ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Might Also Like

You Might Also Like