22 Juni 2013

Steamed Light Fruit Cake

Alhamdulillah...setelah bed rest beberapa hari, akhirnya bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Termasuk yang satu ini, blogging dan sekalian posting " Steamed Light Fruit Cake ". * Meskipun tetep agak sebel sama ini komputer, sudah seminggu ini lagi ngambek melulu...-_-


fruit cake


Oke, sejarahnya cake ini berasal dari masa romawi kuno. Pada masa tersebut, komposisi cake terdiri dari biji delima, kacang pinus dan kismis yang dicampurkan dengan barley ( sejenis sereal ) tumbuk. Kemudian pada abad pertengahan, orang-orang inggris tertarik dengan cake ini. Sehingga mereka menambahkan madu, rempah-rempah dan buah-buahan kering dalam pembuatannya. Sedangkan di benua Eropa, fruit cake dibuat pada waktu panen kacang-kacangan. Mereka menyimpan cake dan menyajikannya  pada panen berikutnya dengan harapan hal ini akan membawa keberhasilan untuk panen2 selanjutnya. Akhirnya, dengan keelokan rupa dan rasanya yang mantap, cake ini terkenal ke seluruh penjuru dunia dengan berbagai modifikasi tampilan dan rasa.

Basic pembuatan cake ini adalah buttercake. Hanya saja, saya memisahkan pengocokan putih telur dengan kuning telurnya agar teksturnya menjadi sedikit lebih ringan.




Resep Steamed Light Fruit Cake
Bahan :
- Terigu protein sedang 300 gr
- Tepung maizena 25 gr
- Susu bubuk 25 gr- Garam  3/4 sdt
- Baking powder 1 1/2 sdt
- Soda kue 3/4 sdt
- SP  2 1/2 sdt
- Kuning telur 5 bh
- Putih telur 5 bh
- Gula pasir 250 gr
- Mentega 350 gr
- Susu cair 200 ml
- Esen vanila 3/4 sdt
- Kismis 125 gr
- Ceri hijau kering 100 gr
- Ceri merah kering 100 gr

Cara membuat :
1. Kocok putih telur sampai berbusa, tambahkan SP, sejumput garam serta sebagian gula. Kocok kembali hingga soft peak. Sisihkan.
2. Campur kismis, ceri merah dan hijau, tambahkan 1-2 sdm terigu dari resep. Sisihkan.
3. Campur terigu, tepung maizena, soda kue, baking powder dan sisa garam, aduk rata.
4. Kocok mentega sebentar, tambahkan sisa gula pasir, kocok kembali sampai lembut dan mengembang. Masukkan esen vanila, aduk rata. Masukkan campuran tepung ( sambil diayak ) bergantian dengan susu cair, lakukan sampai selesai.
5. Ambil sedikit adonan mentega, tambahkan ke adonan putih telur, aduk rata. Campurkan adonan tadi ke adonan mentega, aduk sampai rata. Tambahkan buah-buahan kering, aduk lagi. Masukkan adonan ke dalam loyang tulban ukuran 22 cm. Kukus selama 80 menit atau sampai matang.

Dari segi tekstur, fruit cake ini padat dan mengenyangkan " pas banget buat ganjal perut kalau lagi lapar hahaa...", kalo dari rasa, aroma butter dan susunya plus buah-buahan keringnya itu lho, menggoda ... hmmm yummy deh. Oh ya, resep aslinya di sini ya...punya mbak mila badril member NCC juga. Selamat mencoba...



3 komentar:

  1. I'd like to invite you to join our site www.erecipe.com . I really enjoy your blog and recipes and I think the over 8,000 unique daily visitors to eRecipe will too.
    By joining eRecipe, we will provide the Nutrition Facts for every recipe you post in which you could customize and add to your blog. Viewers need and love to know the nutritional facts. Its a free service that we offer to blogs and recipes we really love. It looks professional and your members will love it.
    Simply visit www.erecipe.com or contact me at michelle@erecipe.com. We look forward having you in our network!

    BalasHapus
  2. SP apaan ya..?heeheheh

    BalasHapus
  3. halo mbak asri..SP itu salah satu jenis emulsifier. Ada beberapa jenis emulsifier di pasaran diantaranya ovalet, tbm dan SP. Bahan ini salah satu fungsinya adalah menstabilkan adonan pada waktu pengocokan telur dan gula. Tapi kalo mau diskip juga ga masalah mbak selama telur yang digunakan benar2 bagus mbak.

    BalasHapus

You Might Also Like

You Might Also Like