28 Januari 2014

Ayam Bakar Plus Sambal Urap


Lauk favorit orang rumah " ayam bakar plus sambal urap ". Enaknya dimakan ditengah-tengah gubuk sawah sembari memandangi hamparan padi yang mulai menguning dan semilir angin yang menyejukkan serta keriuhan suara bebek-bebek yang sedang berendam dikubangan air...momen yang sempurna, haha.. lagi mengkhayal saja. Sebenarnya makanan apapun, tidak peduli dalam situasi apa saja kalau suasana hati lagi bahagia dan perut sedang lapar, pastilah makanan yang tersaji didepan mata ludes disantap.

Komposisi sambal urapnya seperti biasanya, ada kacang panjang, kecambah pendek, daun kenikir, mentimun dan daun kemangi. Hanya saja ada sedikit tambahan daun  katul, mumpung lagi ada gratisan di sebelah rumah..hehe. Takaran cabe keritingnya juga lebih sedikit dari biasanya, karena lagi kehabisan. Kelupaan sewaktu belanja, akibat ga bawa note belanjaan. Mau keluar belanja lagi, malas. Resepnya cek lagi disini ya..

Resep ayam bakarnya ambil dari buklet saji edisi 178 " kelezatan  kreasi ayam dan bebek ". Didalamnya ada 27 resep olahan ayam dan bebek dengan berbagai variasi bumbu. Baru dua resep saja yang sudah aku coba didapur. Padahal lebih dari empat tahun yang lalu suamiku membelinya di toko perabot rumah tangga yang terkenal agak miring harganya " arlisah surabaya ". Ceritanya lagi nyari loyang kukis berbahan teflon, lha kok mahal harganya yah, jadinya beli yang aluminium saja. Muter-muter..biasa kan mak2 bawaannya cuci mata, mupeng deh..xixi. Nyampe dibagian majalah dan buku2 kuliner, ada diskonan majalah saji sekaligus bonus bukletnya. Rayu sana sini, masuklah majalah saji ke keranjang belanjaanku. Dalam perjalanan pulang terbayang sudah menu sebulan kedepan mau pake resep dibuklet saji tadi. Tapi ternyata ujung-ujungnya yah, tau kan teman2..

Resep Ayam Bakar By Saji 178.

Bahan : 
- Ayam 800 gr
- Garam 1 sdt
- Kecap manis 2 sdt
- Gula merah 1 sdm
- Gula pasir 1 sdm
- Air kelapa 600 ml
- Minyak goreng 4 sdm

Bumbu Halus :
- Cabe merah besar 4 buah
- Bawang merah 8 butir
- Bawang putih 2 siung
- Jahe 2 cm
- Ketumbar 1 sdt
- Kemiri 4 butir, sangrai

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum. Tuang air kelapa. Didihkan.
2. Masukkan ayam. Biarkan ayam berubah warna, masukkan kecap manis, gula merah, gula pasir dan garam. Masak diatas api kecil sampai bumbunya meresap.
3. Angkat dan panggang ayam dibara api sambil dioles dengan sisa bumbu rebusan tadi sampai kecoklatan dan beraroma harum. Sajikan


Sedikit tip, bumbu yang ada diresep bisa dipakai untuk ayam 400 gram saja agar bumbunya lebih terasa dan mantap. Met mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Might Also Like

You Might Also Like