15 Januari 2014

Bika Ambon




Salah satu kue kesukaan saya, yah walaupun baru ke-tiga kalinya makan kue ini. Yang pertama dibawain oleh2 sama teman satu kontrakan, itupun cuma makan satu potong saja. Karena harus dibagi dengan teman-teman yang lain *sesama perantauan kan harus mau berbagi, hehe. Yang ke-dua kalinya, makan ditempat saudara saya yang pulang mudik dari medan. Sewaktu bertamu kerumahnya, disuguhi dengan kue ini dan dibawain sirup terong belanda untuk dibawa pulang. Yang terakhir, ya bulan desember kemarin. Coba buat sendiri, karena ngiler berat melihat postingan teman2 blogger yang sukses mengeksekusi kue ini.

Alhamdulillah...lumayan sukses untuk percobaan pertama.  Keluar sarang yang cukup banyak hampir ke seluruh bagian kue. Sayangnya bagian atas kue tidak rata, agak menggembung ke bagian tengah kue. Sepertinya akibat pemakaian loyang yang agak kekecilan. Dari segi rasa, enak sekali kata suamiku...cihuiii

Resep Bika Ambon By Rachmah Setyawati
Bahan Biang :
- Tepung terigu 50 gr
- Ragi instan 20 gr
- Gula pasir 25 gr
- Garam 3 gr
- Air kelapa 100 ml

Bahan A :
- Tepung kanji/tapioka 250 gr
- Kuning telur 12 btr
- Putih telur 4 btr
- Gula pasir 275 gr

Bahan B :
- Santan kental 500 ml dari 2 butir kelapa
- Garam 2 gr
- Serai 3 btg
- Daun jeruk 8 lbr
- Daun pandan 2 lbr

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan biang, aduk rata. Tambahkan air kelapa, uleni dengan tangan sampai tercampur rata. Tutup dengan plastik atau lap bersih, diamkan selama 30-45 menit.
2. Satukan bahan B, panaskan diatas api hingga panas saja tidak sampai mendidih. Dinginkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga kental, sisihkan.
4. Ambil adonan biang, tambahkan tepung kanji/tapioka, aduk rata. Tambahkan adonan telur tadi sedikit-sedikit sambil diaduk dengan tangan dan dikeplok-keplok. Masukkan adonan santan, aduk dan keplok-keplok hingga licin selama 20 menit. Tutup dengan plastik atau lap bersih dan diamkan selama 3 jam.
5. Setelah 3 jam. Olesi loyang ukuran 20x20x7 cm dengan minyak goreng. Panaskan dalam oven selama 15 menit dengan suhu 160 derajat celcius menggunakan api bawah saja. Tuang adonan ke loyang. Oven dengan pintu terbuka hingga permukaan kue terlihat berlubang-lubang. Tutup pintu oven, lanjutkan memanggang selama 40-50 menit.
6. Setelah matang, matikan api bawah. Nyalakan api atas sebentar sampai permukaan kue terlihat kecoklatan.
7. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan sajikan.




Nyam-nyam...selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Might Also Like

You Might Also Like