07 April 2014

Parade Kue Kering 2 : Lidah Kucing Pandan ( Pandan Cat's Tongue Cookies )


Lidah kucing pandan...lanjutan postingan parade kue kering. Masih penasaran, kenapa dinamakan dengan lidah kucing yah?!. Komentar suamiku pas lihat kukis ini ;  " kukis apa de'? ", " lidah kucing ", kataku. Ehh dianya jawab lagi ; " lidah kucing pa lidah guguk (anjing maksudnya) wong gedenya segitu! ", " terserah! (sambil menggerutu) ", kataku.


Lanjut! Resepnya nyolek dari mbak nien ing, hanya saja cara membuatnya pake gayanya NCC. Putih telur dimasukkan setelah mentega dan gula halus dikocok hingga mengembang. Pernah sekali waktu bikin lidah kucing yang putih telurnya dikocok terpisah, hasilnya gagal total, wkwkwk... Kerasnya duh! minta ampun, nyampe bunyi kletuk-kletuk waktu dikunyah. Akhirnya setia deh pake cara yang pertama tiap bikin ini kukis.

Resep Lidah Kucing Pandan By Nien Ing
Bahan :
- Putih telur 100 ml
- Mentega 150 gr
- Margarin 100 gr
- Tepung terigu 200 gr
- Maizena 50 gr
- Gula halus 150 gr
- Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :
1. Kocok mentega, margarin dan gula halus hingga mengembang.
2. Tambahkan pasta pandan, kocok rata.
3. Tuang putih telur, kocok sampai rata.
4. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena, kocok dengan speed rendah hingga rata.
5. Masukkan adonan ke plastik segitiga/piping bag. Lubangi dan spuit adonan ke loyang yang sudah dioles mentega. Bentuk jari-jari lurus.
6. Oven suhu 150'C selama 20 menit.
7. Angkat dan dinginkan.


Setelah matang dan dingin, segera masukkan ke toples dan sembunyikan..haha..., biar tidak kehabisan. Makan setoples pun ga akan terasa..apalagi varian lidah kucing keju, trust me!

2 komentar:

You Might Also Like

You Might Also Like