11 April 2014

Otak-Otak Bandeng


Ini pertama kalinya saya membuat otak-otak bandeng. Kalau biasanya hanya digoreng, dibikin asem2 bandeng atau dipresto. Bosen! kepengen nyoba olahan bandeng yang lain dari biasanya. Akhirnya memutuskan untuk mengolah hampir 1/2 kilo bandeng segar menjadi otak-otak. Beli bandengnya sekilo sih! cuma sebagian saja yang diolah, khawatir gagal total. Maklum percobaan pertama. Sisanya masih 2 ekor disimpan dulu di chiller.

Ambil resepnya dari tabloid Koki Edisi 96 Mei 2007 " Olahan Bandeng Yang Nikmat ".  Disitu ditampilkan beberapa aneka olahan bandeng. Ada bandeng asap teh, bandeng presto goreng, otak-otak bandeng, bandeng asap merang, bandeng krispi, nugget bandeng dan bandeng tanpa duri masak kecap. Beberapa diantaranya dilengkapi dengan foto step by step pembuatannya. Jadi lebih jelas dan kebayang cara mengolah bandeng menjadi sajian yang belum pernah dibuat sebelumnya.


otak-otak bandeng

Sebenarnya kepengen pakai resep temennya suami. Resepnya diberikan cuma-cuma lho!. Sewaktu masih tinggal di Surabaya dulu. Pastinya lebih enak, dilihat dari takaran bumbunya lebih banyak dari yang ada diresep Koki dan bumbunya lebih komplit juga. Selain itu resep ini juga digunakan temannya suami untuk jualan. Lumayan ramai juga pesanannya. Sayangnya pas mau uplek-uplek pakai resep tadi, stok bumbu dapur lagi pas-pasan.  Jadinya pakai resepnya Koki saja dengan beberapa modifikasi.

Resep Otak-Otak Bandeng By Orenz Kitchen
Bahan :
- Ikan bandeng 2 ekor (400 gr)
- Telur 2 btr
- Minyak goreng secukupnya
- Daun pisang secukupnya

Bumbu halus :
- Cabe merah keriting 50 gr
- Bawang merah 9 btr
- Bawang putih 3 siung
- Kemiri 3 btr, sangrai
- Ketumbar 2 sdt, sangrai
- Daun jeruk 5 lbr
- Kunyit 1 ruas jari
- Jahe 2 cm
- Lengkuas 2 cm
- Ebi 2 sdm, sangrai
- Garam 1 1/2 sdt
- Gula 2 sdt
- Kaldu bubuk 1/2 sdt.

Bahan Pelapis :
- Telur 1 btr
- Tepung bumbu 1 sdm

Cara Membuat :
1. Bersihkan ikan dari sisiknya, keluarkan isi perutnya dengan mematahkan sekat insangnya terlebih dahulu. Cuci bersih, lalu tiriskan.
2. Pukul-pukul badan ikan bandeng menggunakan pegangan pisau atau ulekan berbahan kayu agar daging terlepas dari kulitnya.
3. Keluarkan daging dari lubang yang sama dengan sendok teh panjang secara perlahan. Balikkan kulitnya,  lalu bersihkan sisa daging dan duri yang menempel. Balikkan kembali seperti semula.
4. Pisahkan daging dengan duri dan tulang ikan dengan cara digerus diatas saringan santan alumunium. Ambil daging ikannya. Campurkan dengan telur kocok dan bumbu halus. Aduk rata.
5. Masukkan adonan ikan tadi ke dalam kulit ikan hingga penuh melalui lubang kepala.
6. Lumurkan sisa adonan pada badan ikan, bungkus dengan daun pisang.
7. Kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan.
8. Potong-potong otak-otak bandeng menjadi dua atau tiga bagian per-ekornya. Balut dengan bahan pelapis. Lalu goreng hingga coklat keemasan.
9. Angkat dan sajikan dengan sambal kesukaan anda.

Tips Otak-Otak Bandeng By Tabloid Koki:
-  Gunakan ikan bandeng yang masih segar, dengan ciri : baunya masih segar (khas aroma ikan), sisiknya masih utuh dan kuat melekat pada badannya, matanya bening dan menonjol, insangnya berwarna merah dan tidak beraroma dan daging ikan masih elastis (jika ditekan akan kembali ke bentuk semula).
- Pilih bandeng dengan ukuran sedang, agar mudah mengeluarkan duri dan daging bandeng.
- Gunakan benda tumpul saat memukul badan ikan, agar kulit tidak robek. 
- Cucilah ikan bandeng dibawah air mengalir, agar kotoran ikan tidak larut pada daging. 

Selamat mencoba..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Might Also Like

You Might Also Like