19 November 2013

Sehari Beraroma Pandan 1 : Kue Mangkok Pandan

Kue mangkok, salah satu jajanan tradisional indonesia. Dari segi penampilan memang mirip dengan bolu kukus mekar. Tapi dari rasa dan tekstur kuenya jauh berbeda. Bolu kukus mekar manis dan cenderung ringan teksturnya, sedangkan kue mangkok lebih padat dan beraromakan tape agak tajam. Ada satu kesamaannya yaitu keduanya dibuat dengan warna yang beraneka ragam, baik dari pewarna alami maupun buatan. Dua-duanya enak tergantung selera masing-masing orang ya.

Kue ini terbuat dari tepung beras sebagai bahan utamanya, tepung terigu dan tape singkong sebagai bahan pendukungnya. Jika dilihat dari proses pembuatannya memang agak ribet, tapi mudah kok kalau sudah dicoba. Apalagi setelah melihat hasil akhirnya, wow... ngakak, plong rasanya. Rasa capek, deg-degan hilang sudah. Tipnya cuma satu, ikuti step2 yang tertera di resep dijamin berhasil.

Dari sekian resep yang beredar di mbah google, saya memilih resep dari NCC yang terkenal ampuh didunia baking2 n cooking2, xixixi.


kue mangkok madiun

Resep Kue Mangkok Ncc
Bahan :
- Tape singkong 125 gr
- Gula pasir 175 gr
- Tepung terigu 100 gr
- Air 150 ml
- Gula pasir 75 gr
- Tepung beras 200 gr
- Air dingin 200 ml
- Air soda 150 ml
- Baking powder 1 sdt
- Esen pandan 1 sdt

Cara membuat :
1. Campur tape dan 175 gr gula pasir, aduk sampai gula larut.
2. Campur tepung beras dengan air dingin, uleni sebentar sampai rata.
3. Masak 150 ml air dan 75 gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Panas-panas tuang ke adonan terigu sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata.
4. Campur adonan tape singkong dan adonan tepung beras sampai licin. Lalu satukan dengan adonan terigu, uleni sampai rata.
5. Masukkan baking powder, aduk rata. Tuang air soda sedikit-sedikit sampai encer. Tambahkan esen pandan, aduk rata dan saring adonan.
6. Masukkan ke cetakan cucing yang sudah dipanaskan di kukusan kurleb 5-10 menit atau sampai cucing cukup panas. Kukus selama 20 menit dengan api besar. Angkat

Okay selamat mencoba ya,berikut ini saya salinkan tips sukses kue mangkok mekar dari bu fat NCC :
- Gunakan tape singkong yang lembek
- Campurkan adonan segera mungkin.
- Cetakan cucing dilarang dioles dengan bahan apapun.
- Panaskan cetakan cucing didalam kukusan hingga panas.
- Gunakan kukusan beruap banyak
- Jangan buka kukusan sebelum 20 menit berlalu.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    You Might Also Like

    You Might Also Like