19 November 2013

Sehari Beraroma Pandan 2 : Putu Ayu Pandan

Sekali lagi kue tradisional beraromakan pandan " Putu Ayu Pandan ". Selain mendapat predikat kue tradisional, kue ini dikategorikan juga sebagai jajanan pasar. Mungkin dikarenakan sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional berdampingan dengan kue2 tradisional indonesia lainnya.

Sesuai dengan namanya, penampilan dan warna kue ini memang cantik. Biasanya berwarna hijau muda, baik  berasal dari pewarna ataupun perasa makanan, tergantung pada selera pembuatnya. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan cetakan bunga dengan lubang ditengahnya - bentuk aslinya memakai cetakan seperti ini -, cetakan bolu sakura atau cetakan plastik lainnya.

Resep kali ini saya ambil dari sini dengan pertimbangan pemakaian telurnya paling sedikit diantara resep lainnya * irit.com ^-^.  Lain waktu mau mencoba resep2 lain dengan komposisi bahan yang sedikit berbeda. Berikut ini resepnya...

snack madiun


Resep Putu Ayu Pandan By Cahyu
Bahan :
- Telur 2 butir
- Gula pasir 175 gr
- SP 1/2 sdt
- Santan 200 ml
- Tepung terigu 200 gr
- Kelapa parut 1/4 butir
- Esen pandan 1/2 sdt
- Daun pandan 2 lembar
- Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Didihkan santan dengan daun  pandan dan sedikit garam. Angkat dan dinginkan
2. Tambahkan sedikit garam pada kelapa parut, kukus sebentar dengan daun pandan. Sisihkan
3. Kocok telur, SP dan gula pasir sampai kental berjejak. Tambahkan esen pandan, aduk rata. Masukkan terigu bergantian dengan santan. Lakukan sampai selesai.
4. Olesi cetakan putu ayu dengan sedikit minyak goreng. Ambil 1 sendok makan kelapa parut, letakkan di dasar cetakan sambil dipadatkan.
5. Tambahkan adonan diatas kelapa parut tadi hingga hampir penuh.
6. Kukus dengan api sedang selama 15-20 menit atau sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Might Also Like

You Might Also Like